Seputar Teknologi

6 Penemu Teknologi di Indonesia yang Diakui Internasional

Tentu saja penemu teknologi tak hanya berasal dari luar negeri saja loh. Ada pula para penemu dan ahli teknologi asal Indonesia yang telah membantu mengembangkan kemajuan teknologi dunia.

Teknologi kini kian berkembang dari waktu ke waktu. Hal itu tak lepas dari temuan para ahli, temasik para ahli yang berasal dari Indonesia tentunya saja. tanpa disadari, penemu teknologi di Indonesia semakin terus bertambah dan berperan penting terharap perkembangan teknologi dunia dan diakui secara internasional.

Penemu Teknologi dari Indonesia

  • Muhammad Nurhuda –  Kompor ramah lingkungan

Muhammad Nurhuda adalah dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yang sukses mencipatakan kompor ramah lingkungan. Setelah dilakukan pengujian, kompor hasil cipataan Muhammad Nurhuda ini menghasilkan limbah di bawah batas minimum yang ditetapkan WHO. Kompor ramah lingkungan ini telah menarik perhatian negara-negara Asia Pasifik dan Amerika.

  • Dr. Khoirul Anwar –  Penemu teknologi broadband

Penemu yang satu ini membuat ponsel dan kartu perdanamu dapat menangkap jaringan 4G. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkerja di Nara Institute of Science and Technology memiliki panten 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM). Teknologi broadband ini dicipatakan olehnya dan menjadi langkah awal tercipatanya mobile 4G LTE. Dr. Khoirul Anwar telah diakui sebagai salah satu peneliti asal Indonesia terbaik di Jepang.

  • Randall Hartolaksono – Bahan bakar anti panas dan anti api

Pada awalnya, ide yang ia cetuskan diremehkan oleh banyak orang. Namun, pria lulusan University of London ini pantang menyerah dan berusaha merealisasikan idenya untuk menciptakan bahan bakar anti panas dan anti api. Pada akhirnya pria ini justru dihargai dan diakui oleh perusahaan otomotif unia, seperti Petronas, dan Ford.

  • Dr. Warsito P. Taruno – Penemuan alat pembunuh sel kanker

Dr. Warsito P. Taruno adalah peneliti Indonesia yang pernah berkarier di Shizuoka University, Jepang. Sepulangnya dari Jepang, ia berniat ingin membantu sang kakak untuk menyintas kaker payudara stadium IV. Kemudian, ia membuat alat pembunuh sel kanker. Alhasil, tercipa alat terapi yang disebut breast cancer elcetro capacitive therapy.

  • Tjokorda Raka Sukawati –  Penemu sistem penyangga jalan layang

Tjokorda Raka Sukawati adalah insinyur Indonesia yang menemukan kontruksi Sosrobahu, memudahkan pembangunan jalan layang tanpa memnggangu arus lalu lintas saat pembangunannya. Temuan Tjokorda digunakan insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle.

  • Yogi Ahmad Erlangga – rumus matematika dalam perminyakan

Pria yang pernah menempuh Pendidikan di Delft University of Technology, Belanda, ini tercatat sebagai doctor Matematika termuda. Ia menemukan rumus untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan dan juga kemampuannya telah menarik perhatian perhatian perusahaan minyak dunia, yaitu shell.